Senin, 23 April 2018

ALASAN KE-11 : Da'wah Sesat

Seperti hadits yang dihimpun oleh Abu Dawud dalam Kitabusunah dari Abu Huroiroh :

"مَنْ دَعَا اِلَى هُدًا ى كَانَ لَهُ مِنَ الْاَجْرِ مِثْلُ  اُجُورِمَنْ تَبِعَهُ  لَا يَنْقُصُ  ذَلِكَ مِنْ اُجُورِهِمْ شَيْئًا   وَمَنْ دَعَا اِلَى ضَلَالَةٍ كَانَ عَلَيْهِ  مِنَ الْاِثْمِ  مِثْلُ اَثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لَا يَنْقُصُ ذَالِكَ مِنْ اَثَا مِهِم شَيْئًا


"Barangsiapa menyeru menuju hidayah maka baginya pahala semisal pahalanya orang yang mengikuti, tanpa sedikitpun mengurangi pahala orang2 yang mengikuti. Dan barangsiapa yang menyeru menuju kesesatan maka baginya dosa semisal dosanya orang2 yang mengikuti tanpa mengurangi sedikitpun dosa orang yang mengikuti".

Kata dakwah, kalau penulisan dari bahasa Arab yang lebih mendekati adalah da'wah dengan tanda petik di atas mewakili 'ain mati.
Artinya adalah ajakan atau seruan.
Jadi ada dua jenis ajakan. Ajakan menuju kepada hidayah (petunjuk) Alloh serta Rosul atau ajakan kepada kesesatan.

Lalu bagaimana mengetahui apakah suatu da'wah itu membawa kepada hidayah atau sesat ?

Inilah yang penting untuk diwaspadai. Tentu umat tidak ingin tersesat gara-gara gegabah , tidak teliti begitu mudah dan percaya kepada ajakan tanpa pertimbangan yang teliti. Manusia berusaha , Alloh Swt yang memberi hidayah.

Hidayah atau bisa juga alhuda adalah petunjuk Alloh Swt dalam Kitab Suci al-Qur'an serta diperkuat dengan tuntunan Rosulullohi Saw dalam kitab hadits2 sokhih.
Salah satu indikator jika ajakan atau da'wah yang dilakukan seseorang dengan menunjukkan bukti dalilnya dalam Quran maka secara materi da'wahnya menuju kepada hidayah. Meski ada faktor lain yang penting untuk diperhatikan yaitu metode penyebaran atau penyerahan ilmunya.
Metode penyebaran ilmu agama ada bab tersendiri.

Sedangkan da'wah menuju kesesatan, adalah ajakan dengan tidak mengindahkan materi ilmu juga tidak mengikuti petunjuk syariat dalam metode penyerahan ilmu.

Baca juga :

Pembahasan LPM Kajian no.36 : Mengikuti Cara Mengaji Sobahat & Rosul





Tidak ada komentar:

Posting Komentar